Skip to main content

Menulis adalah sebuah skill (keterampilan).

Satu-satunya cara agar bisa, adalah dengan latihan (practice).
Latihan menjadikan yang belum bisa menjadi bisa. Latihan menjadikan yang bisa semakin lebih baik dan semakin mahir. Coba suruh anak atau adik kita yang belum bisa naik sepeda untuk mencoba. Kasih tau dimana duduk, bagaimana cara memajukan sepeda (ngayuh), bagaimana cara belok, dan bagaimana cara berhenti.Apakah dia akan langsung bisa? Pada umumnya tidak akan.


Jadi, kemarin ada yang berkata, saya sudah mencoba tetapi tidak bisa.
Itu wajar. Mulailah berlatih dengan yang mudah dulu. Saat belajar sepeda, kadang sepeda dibantu dengan roda tambahan. atau kita pegangin agar tidak jatuh.

Belajar menulis pun sama. Saya kasih teori seabreg tidak akan menjadikan kawan2 langsung jago menulis.
Mulailah berlatih. Sebenarnya cara berlatih sudah saya bahas pada posting sebelumnya. Silahkan manjat.
Latihan pertama bagi yang belum bisa menyusun kata-kata sama sekali adalah latihan nyontek. Cari artikel atau berita, kemudian contek, tulis saja persis. Tidak apa-apa. Bisa dengan mengetik di komputer atau lebih baik tulis tangan.

Cobalah lakukan setiap hari, nanti lihat perubahan kita setelah 40 - 66 hari. Karena menulis ada skill, yang hanya bisa dimiliki dengan berlatih, maka siapa yang tidak mau berlatih, artinya tidak mau bisa menulis.
Jadi, berlatihlah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar