Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Menikah Jika Belum Memiliki 3 Hal IniNomor Satu Wajib Kalian Miliki

Pernikahan merupakan prolog dari hubungan asmara sepasang manusia. Pernikahan sendiri adalah sebuah ikatan janji yang meresmikan ikatan perkawinan secara norma agama, norma hukum dan juga norma sosial. Sebuah pernikahan juga merupakan sebuah ibadah dan penyempurna iman serta agama.
Pernikahan bukan lah hal yang mudah untuk di lakukan. Sebelum kamu memutuskan untuk membawa hubungan kamu dan pasangan kamu melangkah jauh ke sebuah pernikahan, kamu harus terlebih dulu mempersiapkan serta pertimbangkan kembali hal-hal yang menjadi bekal bagi calon mempelai.
Menikah bukan lah sebuah hal yang sepele. Karena mempertahankan sebuah pernikahan adalah untuk selamanya. Oleh sebab itu pasa tahun 2020, pemerintah berencana akan mengadakan sertifikasi pranikah sebagai syarat wajib bagi pasangan calon mempelai. Hal ini tentu saja di lakukan karena melihat banyaknya permasalahan dalam rumah tangga yang pada akhirnya memicu sebuah perpisahan.
Meski tengah mengalami pro dan kontra, namun adanya pembekalan bagi calon pengantin tersebut juga banyak mendapatkan dukungan dari banyak pihak. Ada pun pembekalan yang di berikan kepada calon pasangan pengantin adalah pengetahuan seputar kesehatan, tentang harapan serta komitmen keduanya agar lebih siap dalam menghadapi kehidupan perkawinan yang sesungguhnya.
Dengan adanya program tersebut bisa bermanfaat bagi kita sendiri, sehingga akan mampu menekan angka perceraian, stunting hingga permasalahan ekonomi (kemiskinan). Dengan menikah, seseorang terutama kaum laki-laki sebagai kepala keluarga telah memikul amanah serta tanggung jawabnya yang besar terhadap dirinya. Serta para keluarga baru tersebut akan di bimbing dan di pelihara menuju jalan yang benar.
Dan begini lah 3 hal yang masih perlu kamu siapkan saat akan memutuskan untuk menikah :
1. Memiliki Keyakinan Kepada Tuhan Dan Berusaha Mendekatkan Diri Dengan Tuhan
Sebelum kamu memutuskan untuk menikah dengan pasangan kamu, pastikan jika hati kamu telah memiliki keyakinan penuh terhadap Tuhan mu dan mulai mendekatkan diri dengan Tuhan. Selain hal tersebut penting untuk memaku diri tetap konsisten pada agama yang sudah kamu anut selama ini, hal ini juga bertujuan untuk meluruskan niatmu sebelum menikah dengan pasangan kamu.
Jika niatmu menikah sudah benar dan lurus demi ibadah dan menyempurnakan sebagian dari agama kamu, maka sudah di pastikan kamu siap untuk menikah. Jangan sampai sebelumnya kamu telah salah dalam mengartikan sebuah pernikahan. Kamu lupa dan hanya menganggap jika sebuah pernikahan di pandang dari hal-hal yang berbau nafsu saja.
Sebuah pernikahan yang dari awal sudah di landasi dengan keyakinan kepada Tuhan, ternyata akan berjalan lebih langgeng dari pada yang tidak di landasi dengan sebuah keyakinan. Jalinan rumah tangga kamu akan berjalan lebih harmonis dan jauh dari permasalahan yang memicu sebuah perpisahan. Maka dari itu milikilah pribadi yang tenang dan selalu berpegang tegus kepada ajaran Tuhan.
2. Pastikan Jika Kamu Sudah Bisa Mengatur Keuangan Dengan Baik
Bagaimana dengan konsep pengelolaan keuanganmu saat sebelum menikah? Apakah sudah teratur, atau justru masih sering mengalami surplus alias boros? Menikah bukan hanya tentang sebuah hubungan yang selalu indah sesuai dengan ekspektasi kamu. Saat kamu memutuskan untuk segera menikah, kamu perlu mendalami dan membiasakan ilmu saat pra nikah. Terutama tentang hal keuangan.
Berbicara tentang keuangan, uang adalah suatu hal yang sangat sensitif. Sebelum menikah kamu harus bisa mulai ambil kendali penuh atas keuangan. Di dalam sebuah pernikahan cinta memang perlu, namun juga akan semakin banyak urusan uang di dalamnya. Kamu tidak bisa bersikap seenaknya dan boros seperti saat sebelum menikah.
Terburu-buru memiliki keinginan untuk segera menikah tetapi kamu belum memiliki kestabilan tentang keuangan tentu juga akan menghambat rencana kamu dalam menuju pelaminan. Oleh sebab itu sebelum kamu memutuskan menikah, setidaknya kamu harus memiliki pekerjaan. Terlebih jika kamu memutuskan untuk menikah di usia muda. Sehingga kamu bisa segera menyusun planning dan fokus memikirkan rencana pernikahan lebih jauh lagi.
Jika kamu menikah tanpa adanya kesiapan dan kematangan dalam urusan financial justru akan membuat rumah tangga kamu menjadi tidak harmonis. Meskipun tidak semua orang mempermasalahkan hal tersebut, namun banyak sekali kasus kekerasan yang timbul dalam sebuah hubungan rumah tangga dan penyebabnya adalah karena faktor ekonomi.
3. Kamu Mulai Memiliki Kemampuan Komunikasi Yang Baik
Setiap pasangan yang menikah tentu saja mengingikan sebuah pernikahan yang sakinah mawadah dan warahmah dan berlangsung sekali dalam seumur hidup. Dan hubungan yang baik adalah hubungan yang di jalin dengan adanya rasa saling percaya dan komunikasi yang baik. Maka dari itu kamu perlu belajar terlebih dahulu bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan pasangan.
Perlu adanya sebuah komitmen untuk menjalin komunikasi yang baik dalam sebuah hubungan. Kamu bisa menceritakan dan membagikan tentang hal apapun kepada pasangan kamu. Sehingga dengan begitu padagan kamu akan merasa lebih di hargai dan merasa di cintai. Memang terlihat sepele, namun menjalin komunikasi yang baik bisa menjauhkan kamu dan pasangan kamu dari kesalah pahaman.
Ketika suatu saat kamu ada masalah, jangan pernah kamu lari dari kenyataan. Menetap, hadapi dan selesaikan masalah tersebut hingga benar-benar clear. Jika kamu merasa ada suatu hal yang mengganjal maka kamu langsung utarakan kepada pasangan kamu sebelum terjadi kesalah pahaman.
Jadi berikut tadi beberapa hal yang perlu kamu persiapkan pra nikah, meskipun tampak sepele memang namun hal ini sangat penting untuk di pertimbangkan serta di persiapkan. Semoga Bermanfaar~

Posting Komentar untuk "Jangan Menikah Jika Belum Memiliki 3 Hal IniNomor Satu Wajib Kalian Miliki"