Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menyimpan air cucian beras

Manfaat air beras untuk kecantikan kulit dan cara menyimpannya

Beras adalah makanan pokok di banyak daerah, terutama negara-negara Asia seperti Cina dan Jepang dan tentunya negara kita indonesia, dan karena ketersediaannya yang mudah di negara-negara ini, orang-orang menjadikannya sebagai bagian dari makanan mereka, serta rutinitas perawatan kecantikan.

Air beras mengandung banyak nutrisi yang dapat bermanfaat bagi kulit dan rambut, karena kaya akan vitamin B, C dan E serta mineral dan delapan asam amino esensial yang meningkatkan kesehatan dan kecantikan secara keseluruhan.




Secara sederhana, air beras adalah larutan putih susu yang diperoleh setelah beras direbus/tajin, diencerkan atau bahkan difermentasi untuk mengekstrak manfaat paling banyak darinya.

Cara menyimpan air beras

Ada dua cara untuk mendapatkan air beras, direbus atau tanpa direbus:

Langkah-langkah menyiapkan air rebusan beras:

1. Cuci 1 cangkir beras organik dengan air bersih suam-suam kuku.

2. Masak beras dengan 3 gelas air.

3. Setelah beras matang, tiriskan airnya dan masukkan ke dalam mangkuk bersih.

4. Biarkan air beras menjadi dingin, lalu simpan dalam wadah kedap udara di lemari es hingga seminggu.

5. Rendam 1-2 sendok makan larutan ini dalam 1 gelas air, aduk untuk mendapatkan campuran seperti susu, dan gunakan campuran ini sesuai kebutuhan dalam resep kecantikan kalian.


Cara menyiapkan air beras tanpa direbus:

1. Bilas 1 cangkir beras organik dengan air dan tambahkan 2 gelas air ke dalamnya.

3. Biarkan selama 15 sampai 30 menit.

4. Aduk lalu airnya dipindahkan ke wadah lain.

5. Pindahkan air ini ke dalam wadah bersih dan simpan di lemari es selama 3 sampai 4 hari, kocok dengan baik sebelum digunakan.


Catatan:

kalian juga dapat menyimpan air beras pada suhu kamar selama dua hari dan biarkan berfermentasi sebelum disimpan di lemari es.Untuk menggunakan air beras fermentasi, encerkan dengan air biasa dengan perbandingan 1:3 sebelum menggunakannya.

Manfaat air beras untuk kulit dan rambut

Meningkatkan kesehatan rambut:

Air beras membuat rambut lembut, kuat dan sehat, karena rambut terbuat dari protein, sehingga protein dalam air beras sangat bermanfaat untuk rambut kalian, dan protein beras memperkuat batang rambut dan membuat kalian mendapatkan rambut yang berkilau dan halus.

Selain itu, air beras mengandung inositol, sejenis karbohidrat yang dapat mencegah kerusakan rambut serta menjaganya agar tetap sehat dan lembut.

Metode:

Setelah keramas, tuangkan air beras yang diencerkan dengan air biasa ke rambut kalian.

Menggunakan ujung jari kalian, pijat kulit kepala selama 10 menit.

Bilas rambut kalian dengan baik dengan air biasa.

Ulangi resep ini 2 atau 3 kali seminggu.

Catatan:

Untuk nutrisi tambahan, kalian dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial, seperti rosemary dan lavender, ke dalam air beras sebelum digunakan.

Merawat kulit

Pati dalam air beras sangat efektif dalam mengobati kulit kering seperti eksim, dan dapat menenangkan iritasi dan peradangan kulit.

Sebuah studi tahun 2002 yang diterbitkan dalam buku Dermatitis menemukan bahwa paparan air mandi yang mengandung tepung beras, dua kali sehari selama 15 menit, menghasilkan peningkatan 20% dalam kemampuan penyembuhan masalah kulit.

Metode:

Untuk mendapatkan obat untuk segala jenis iritasi atau peradangan kulit, kalian harus menambahkan beberapa cangkir air beras untuk memanaskan air mandi, dan rendam tubuh kalian dalam air ini selama 15 sampai 20 menit, dua kali sehari.

Untuk mengobati iritasi, rendam bola kapas dalam air beras dingin dan oleskan ke daerah yang terkena, ulangi beberapa kali sehari.

Mengencangkan pori-pori kulit

Pori-pori terbuka atau besar pada kulit dapat menyebabkan berbagai jenis masalah seperti jerawat dan komedo. Pori-pori terbuka sering terjadi pada orang dengan kulit berminyak. Untuk membantu mengatasi masalah yang mengganggu ini, gunakan air beras.

Air beras bertindak sebagai zat alami yang mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori besar dan membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit.

Metode:

Encerkan air beras dengan air biasa dalam jumlah yang sama.

Basahi bola kapas dalam larutan dan oleskan ke wajah kalian.

Biarkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan baik.

Untuk hasil terbaik, gunakan obat ini setiap malam setelah membersihkan wajah kalian.

Membuat kulit lembut

Air beras membuat kulit kalian lembut dan terhidrasi, dan protein dalam air beras mencegah kehilangan air untuk membantu menjaga kulit terhidrasi lebih lama.

Juga, mengandung antioksidan yang membantu mengurangi kerusakan radikal bebas yang disebabkan oleh penuaan, paparan sinar matahari dan faktor lingkungan.

Metode:

Encerkan air beras dengan air dingin.

Basahi handuk dalam larutan ini.

Letakkan handuk di wajah yang bersih dan biarkan selama 15 menit atau lebih.

Cuci wajah kalian dengan lembut dengan sisa air beras untuk mendapatkan kulit yang lembut saat disentuh.

Terakhir, bilas wajah kalian dengan air biasa.

Ulangi perawatan ini sekali sehari.

Kiat Tambahan:

kalian bisa menggunakan beras apa saja, seperti beras putih, beras merah, atau beras hitam.

Bilas wajah kalian sekali sehari dengan air beras untuk menghilangkan kotoran dan partikel lain yang menumpuk di kulit.

Usahakan menggunakan beras organik, walaupun sedikit lebih mahal dari beras biasa tetapi produk organik tidak mengandung pestisida.

Jangan gunakan air beras murni pada rambut kalian, karena dapat menyebabkan gumpalan dan dapat menumpuk di rambut kalian dari waktu ke waktu, jadi encerkan terlebih dahulu.

baca juga : Manfaat scrub madu dan gula pasir untuk perawatan wajah

Posting Komentar untuk "Cara menyimpan air cucian beras"