Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dan permanen

Saat mencoba menghilangkan pori-pori besar pada kulit, kalian perlu mengetahui terlebih dahulu alasan utama di balik kemunculannya. Banyak orang tidak bisa sepenuhnya mengatasi masalah munculnya pori-pori besar di kulit, yang bisa mereka lakukan hanyalah mengecilkan ukuran pori-pori. Seiring bertambahnya usia, pori-pori kulit membesar akibat penurunan elastisitas sel-selnya.




Pori-pori kulit yang membesar adalah masalah yang menjengkelkan bagi banyak orang, karena dapat mempengaruhi penampilan kulit secara keseluruhan, dan juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Pori-pori yang membesar ini sering ditemukan di area hidung, dahi, dan dagu. Kita harus tahu betul bahwa tidak ada pengobatan permanen untuk mengecilkan pori-pori, tetapi meskipun demikian, pengobatan rumahan ini membantu mengecilkan pori-pori untuk sementara waktu dan juga memperbaiki penampilan kulit .

Penyebab utama pori-pori kulit membesar

  1. Faktor genetik memainkan peran penting dalam menentukan ukuran pori, dan sayangnya tidak ada yang dapat dilakukan untuk melawan faktor genetik ini.
  2. Kelebihan minyak di kulit juga merupakan faktor utama yang berkontribusi terhadap ukuran pori-pori. Dimana sel kulit mengeluarkan minyak alami untuk melindungi kulit dari kekeringan.
  3. Kulit berminyak paling rentan terhadap munculnya pori-pori yang membesar, akibat akumulasi debu dan kotoran di dalam pori-pori kulit sehingga menyebabkan pori-pori melebar dan membesar.
  4. Pori-pori tersumbat karena akumulasi debu atau penggunaan produk kosmetik yang tidak tepat.
  5. Tidak memperhatikan pembersihan kulit dengan benar untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menumpuk di dalam pori-pori. 

Beberapa pengobatan rumahan yang membantu mengurangi ukuran pori-pori dengan cara alami

Es batu

cara yang sangat sederhana dan efektif untuk membungkus es batu dalam selembar kain, dan kemudian menggunakannya untuk memijat wajah. Es batu digunakan untuk mengecilkan pori-pori. Ketika diterapkan secara teratur setiap hari di pagi hari, itu mengatur sekresi minyak alami di dalam kulit. 

Madu

Madu membantu  mengecilkan pori-pori, terutama untuk kulit berminyak. Campurkan 2 sendok teh madu dengan sedikit perasan lemon. Kemudian pijat kulit selama beberapa menit menggunakan campuran ini dan biarkan di wajah selama 5 menit, lalu bilas dengan air hangat

Jus tomat

Jus tomat mengencangkan pori-pori. Oleskan jus tomat pada kulit selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat, gunakan campuran ini pada wajah tiga kali seminggu untuk mendapatkan kulit yang sempurna. 

Jus mentimun

Mentimun adalah salah satu unsur yang paling berguna untuk mengobati berbagai masalah kulit. Hal ini juga sangat baik untuk mengobati masalah pori-pori kulit yang membesar. kalian dapat menggunakan jus mentimun pada kulit, dan makan mentimun secara mentah membantu membuang racun di luar tubuh. Campurkan sedikit jus mentimun dengan sedikit garam dapur, dan taruh di wajah kalian selama beberapa menit.

Oatmeal

Campurkan 5 sendok makan madu alami dengan 2 sendok makan oat/gandum dan 2 sendok makan susu bubuk. Kemudian oleskan campuran tersebut pada wajah, pijat dengan gerakan melingkar. Kemudian cuci dengan baik. Gunakan campuran ini pada kulit secara rutin, minimal dua kali seminggu.

Tips praktis mengecilkan pori-pori

  1. Selalu gunakan make-up remover dan bersihkan wajah secara menyeluruh sebelum tidur. Meski tidak menggunakan riasan, pastikan untuk menggunakan pembersih wajah untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih pada kulit.
  2. Gunakan jenis sabun wajah yang mengandung asam salisilat, karena zat ini membantu membersihkan pori-pori dari debu, dan juga membantu merawat kulit.
  3. Gunakan pelembab wajah bebas minyak, yang tidak menyebabkan sensitivitas kulit.
  4. Gunakan tabir surya secara rutin setiap hari. Sinar matahari merusak sel-sel kulit, dengan cara menghancurkan lapisan kolagen yang meningkatkan elastisitas kulit.


Baca juga : Manfaat gula untuk perawatan bibir 

Posting Komentar untuk "Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dan permanen"